Penelitian

Share this information

RENCANA INDUK PENELITIAN STIE KUSUMA NEGARA 2016 – 2020

STIE KUSUMA NEGARA sebagai institusi pendidikan tinggi  berusaha semaksimal mungkin menciptakan inovasi-inovasi   melalui   berbagai penelitian, khususnya   bidang   manajemen dan akuntansi sesuai kemampuan yang dimiliki. Rencana Induk Penelitian 2016-2020 ini disusun untuk memberikan arahan bagi pusat studi dan kajian, para peneliti serta seluruh sivitas akademika dalam melakukan penelitian sehingga hasilnya  dapat permanfaat bagi kemajuan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta pengembangan industri.

Rencana Induk Penelitian STIE Kusuma Negara mengacu pada Rencana Induk Riset Nasional (RIRN). RIRN memiliki jangkauan waktu 2015-2045. RIRN disusun untuk menciptakan sinergi perencanaan di sektor riset yang selaras dengan perencanaan pembangunan nasional. RIRN tidak hanya mengintegrasikan riset dengan tujuan pembangunan jangka panjang, melainkan juga untuk pemenuhan kebutuhan dunia usaha dan masyarakat. Untuk itu RIRN 2015-2045 disusun dengan memperhatikan perencanaan di sektor perindustrian (RIPIN: Rencana Induk Perindustrian Nasional 2015-2035), KEN (Kebijakan Energi Nasional) serta sektor ekonomi kreatif (RIEKN: Rencana Induk Ekonomi Kreatif Nasional). Hal ini didasari pada riset berbasis iptek yang diharapkan bermuara ke industri untuk manufaktur berbasis teknologi, serta di lain sisi ekonomi kreatif untuk produk kreatif berbasis inovasi iptek.

Secara lebih jelas, Rencana Induk Penelitian (RIP) STIE Kusuma Negara dapat dilihat (dan diunduh) pada link berikut :

Selain itu, hasil – hasil penelitian harus dipublikasi dalam sebuah media publikasi ilmiah, yaitu jurnal. Saat ini STIE Kusuma Negara memiliki 2 wadah jurnal berbasis elektronik (e-journal), yang dinamai

  1. Aktiva – Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jurnal ini diterbitkan pertama kali pada bulan November 2017. Untuk melihat hasil – hasil penelitian dalam jurnal Aktiva, dapat dilihat (klik) melalui link berikut : AKTIVA – Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (e ISSN : 2598 5256)
  2. Managerial – Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen
 
Hubungi kami via WhatsApp